JAMRUD

Selasa, 26 Juni 2012







Jamrud, adalah grup musik rock yang lahir pada 1989 di Cimahi, Jawa Barat. Semula grup ini memiliki nama Jam Rock, sebelum kemudian berubah dengan nama Jamrud.

Formasi awal Jamrud semula terdiri atas Azis Mangasi Siagian (gitar), Ricky Teddy (bass), Agus (drum) dan Oppi (vokal). Formasi terakhir terdiri dari Azis Mangasi Siagian (gitar), Krisyanto (vokal), Ricky Teddy (bass) dan Suherman Husin (drum).

Di tengah perjalanan beberapa kali berganti personil, termasuk keluar dan masuknya Sandy Handoko dan Fitrah Alamsyah. Dengan alasan jenuh, Krisyanto mengundurkan diri pada 2008.

Album Jamrud di antaranya NEKAD (1996), PUTRI (1997), TERIMA KASIH (1998), NINGRAT (2000), SYDNEY SYDNEY 090102 (2002), BO 18+ (2004), ALL ACCESS IN LOVE (2006) dan sejumlah album kompilasi.

Setelah ditinggal Krisyanto, Jamrud pun merekrut personil baru, yakni Donal (vokal), Irwan (gitar) dan Dani (drum). Dengan formasi baru ini, mereka merilis album kesebelas dengan titel NEW PERFORMANCE 2009 pada Maret 2009.

Mendekati akhir tahun 2009, tepatnya November 2009, Donal dkk merilis album the best, dengan titel BEST OF THE BEST JAMRUD. Album ke-12 ini berisi 17 lagu yang pernah jadi hits di album-album sebelumnya namun dengan aransemen baru.

Di antara musisi rock lainnya, Jamrud adalah band yang paling sukses. Sejak album pertama keluar langsung meledak ke pasaran, hingga pencapaian terbesar adalah album Ningrat di tahun 2000 yang terjual satu juta keping.

Namun hengkangnya Krisyanto di tahun 2011 menjadikan band ini sempat terpuruk. Meski adanya vokalis baru serta berubahnya aransemen musik yang lebih metal, tak membuat karir band ini naik.

Grup band cadas Jamrud kembali bersemangat dengan kembalinya mantan vokalisnya, Krisyanto. Grup band yang pernah berjaya ini pun kembali mengeluarkan album terbaru mereka meskipun sebagian besar isi lagunya merupakan recyle lagu-lagu dari album terdahulu.

"Dengan keluarnya album ini menjadi sebuah tanda kebangkitan musik rock Indonesia di mana Jamrud merupakan salah satu perwakilan genrenya," ujar produser Jamrud, Log Zheleboursaat launching album baru Jamrud, ENERGI POSITIF BUMI DAN LANGIT di Score, Cilandak, Jakarta, Jumat (16/3).

Diakui oleh Log, dirinya merasa jika album terbaru Jamrud ini bisa membawa band cadas ini kembali berjaya di masanya. Apalagi, saat ini sang mantan vokalis, Krisyanto telah kembali.

"Kembalinya Krisyantosebagai vokalis Jamrud ternyata membawa sebuah keberuntungan bagi Jamrud, artinya Jamrud dan Krisyanto tidak bisa dipisahkan, kalau mereka dipisahkan bisa sama-sama lemah. Apalagi sekarang didukung pemain drum baru yang lebih kencang dan lebih metal," ujar Log.
Album baru pun telah diluncurkan sebagai tanda kembalinya sang vokalis. Akankah harapan itu benar- benar terjadi?

Perayaan ulang tahun ke-16 grup band rock Jamrud pertengahan Maret ini begitu spesial. Tidak hanya mengingatkan Jamers (fans Jamrud) akan kehadiran mereka dihinggar bingar pentas musik tanah air, tapi juga momentum untuk menyebar virus cinta lama kepada penggemar.

Ya, perayaan ini menandai kembalinya sang vokalis Krisyanto yang hengkang lima tahun lalu setelah menerima pinangan dari sang produser Log Zhelebor dan permintaan fans lewat jejaring sosial.

”Alhamdulillah saya dipinang lagi, saya kembali ke Jamrud, mudah-mudahan Jamrud bisa eksis, bisa ngerock lagi,” ujar peraih predikat Vokalis Rock Terbaik versi festival rock se-Bandung.

Tak hanya itu, untuk mengukuhkan eksistensi mereka, momentum perayaan ini juga digunakan untuk menggelar showcase sebagai tanda peluncuran album teranyar Energi + dari Bumi & Langit, dengan formasi terbaru. Ini sebuah Album yang berisikan 12 lagu yang diambil dari album Bumi & Langit Menangis plus satu singgel andalan baru berkisah humor Ciaat yang direkam dengan suara sang vokalis.

Tak tangung-tanggung, sebagai penanda kembalinya Kris dan memperkuat posisi Jamrud di blantika musik, Log Zhelebor Production menggandeng sejumlah pihak untuk membantu memroduksi dan promosi penjualan album yang rilis resminya dilakukan saat konser akbar ”Win Mild Rock Reborn n Jamrud” di Stadion Kridosono, Yogyakarta 7 April mendatang. Ini juga menjadi start tur delapan kota di Indonesia dengan harga tiket Rp 10 ribu.

Log mengakui, album terbaru Jamrud ini bisa membawa band cadas ini kembali berjaya di masanya. Kembalinya Krisyanto akan berdampak pada musik Indonesia, khususnya rock. ”Mungkin sekarang Krisyanto sadar kalau dia masih perlu Jamrud, dan Jamrud masih perlu Krisyanto. Jadi jangan dipisahkan! Semoga dengan album bisa membangkitkan kembali musik Rock di Indonesia,” ujar bos label Logiss Records Log Zhelebour saat rilis album (16/3).

Bisa dibilang grup band ini paling fenomenal di antara grup rock era 1990-an yang berkibar di Indonesia. Di antara puluhan grup band bergenre rock yakni ELPAMAS, Grass Rock, Kidnap, Protonema, Power Slaves, Power Metal, Boomerang, EdanE. Jamrud, grup rock yang paling bisa diterima oleh seluruh pecinta musik dari segala segmen dan bisa dianggap mewakili genre musik rock yang belakangan kurang bergema.

Log Zhelebour
Perjuangan panjang dari penolakan produser karena lagu-lagu mereka dianggap terlalu keras, dan sulit dijual untuk konsumen lokal membuahkan hasil setelah bertemu dengan Log Zhelebour. Dengan formasi Azis (gitar), Ricky (bass), Anto Krisyanto (vokal), Fitrah Alamsyah (gitar), dan Sandy Handoko (drum), Jamrud (sebelumnya bernama Jamrock) dikenal sukses mengusung musik cadas sebagai musik populer di Indonesia di masanya.

Kejelian Log sebagai executive produser Jamrud terbayar oleh ludesnya lebih dari 200 ribu keeping album perdana Nekad (1996). Disusul album kedua, Putri (1997), yang laku hingga 300 ribu keping. Nilai yang cukup fantastis untuk ukuran grup lokal terus berlanjut hingga album Terima Kasih (1999). Dengan hitsnya “Berakit-rakit“ dan “Terima Kasih“ yang laku 900 ribu keeping.

Musik mereka ternyata cukup mengena dan bisa diterima banyak kalangan. Jamrud tidak hanya menyuguhkan lagu keras tapi juga musiknya asyik dengan lirik easy listening seperti singgel popular “Surti-Tejo“ dan “Pelangi di Matamu“. Tentu ini prestasi yang luar biasa untuk penjualan album musik cadas di Indonesia saat itu hingga pihak menejemen memanjakan Jamrud dengan sound system dashyat berteknologi paling modern dan terbesar senilai Rp 14 miliar di konsernya. Jamrud sudah melakukan tur show besar-besaran di 100 kota lebih dengan nilai kontrak hingga 150 juta per-show (hanya fee).

Sepanjang tiga dekade perjalanan bisnis industri rekaman, Jamrud mencetak rekor album rock beromzet penjualan mencapai dua juta kaset setahun lewat album Ningrat (2001) hingga dinobatkan sebagai Grup Rock Terbaik dan Album Rock Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia 1999-2002. Prestasi fantastik dalam blantika musik tanah air itu pula yang menempatkan grup rock asal Cimahi, Jawa Barat sebagai salah satu grup band termahal dan menjadi album rock terlaris sepanjang sejarah rock Indonesia.

Tak heran sebagai bonus atas prestasi, mereka mendapat kesempatan rekaman album ke-5, Sydney.090102 (2002) di Studio301, Sydney-Australia, dan menggelar konser keliling 50 Kota Indonesia sambil menyelesaikan album kompilasi All The Best Show Hits (2003). Jamrud juga menampilkan singgel hits “Mengejar Nirwana“ (2004). Dan disusul album ke-6, BO 18+ (2004).

Namun, setelah meninggalnya dua personilnya yakni Sandy Handoko dan Fitrah Alamsyah akibat ketergantungan obat di tahun 1999, Jamrud mulai mengalami masa surut dan terus merosot. Pergantian personil tak mampu mendongkrak penjualan album membuat Krisyanto frustasi dan hengkang setelah 11 tahun menjalin kebersamaan.

Jamrud, sebagai salah satu grup band yang karirnya paling fenomenal dalam sejarah industri musik Indonesia terjatuh. Masa sulit dilalui dengan perekrutan tiga personil baru untuk kepentingan komersil yakni Donal Amdonal (vokal), Iwan (vokal), Mochamad Irwan (gitar) dan Danny Rachman (drum). Lalu Iwan Vox masuk sebagai vokalis pendamping Donal masih mampu menghasilkan dua album New Performance (2009) dan Bumi & Langit Menangis (2011).

Album ini menandai tekad Jamrud merubah imej era Krisyanto lewat perubahan warna musikalitas yang lebih keras dan logo yang lebih metal. Tapi ternyata tetap saja tak mampu mengikuti kesuksesan seperti dulu. Bahkan yang terjadi, Iwan mundur April tahun lalu, sementara Donal dan Irwan tak lagi jadi personel tetap.

Kini sang vokalis datang kembali. Apakah dia mampu membangkitan kembali lokomotif band rock tanah air itu di tengah kepungan boyband maupun girlband? Bahkan album baru pun telah diluncurkan sebagai tanda kembalinya sang vokalis. Akankah harapan itu benar- benar terjadi?

Jamrud - Sakit.mp3
Jamrud - Selamat Ulang Tahun.mp3
jamrud-waktu ku mandi.mp3
Jamrud - Jauh.mp3
Jamrud - Kabari Aku.mp3
Jamrud - Kau Dan Ibumu.mp3
Jamrud - Maaf.mp3
Jamrud - Nekad, New Version, 256 kbps.mp3
Jamrud - Putri.mp3
Jamrud - Telat 3 Bulan.mp3
Jamrud - Terima Kasih.mp3
Jamrud - Surti dan Tejo.mp3
Jamrud - Asal British.mp3
Jamrud - Ajari Aku Cara Mencintaimu.mp3
Jamrud - Otak Kotor.mp3
Jamrud_-_Ingin_Kembali.mp3
JAMRUD - Anjink.mp3
Jamrud_Pelangi Di Mata mu.mp3
JAMRUD - Setan 666.mp3
Jamrud_-_Bay_Watch.mp3
Jamrud - Cerita Jalanan.mp3
Jamrud - 09 Ingin Kawin.mp3
JAMRUD - 03. Rasa Cinta Padamu.mp3
Jamrud - Ingin Jadi Koboi.mp3
Jamrud - 10 Sydney 090102.mp3
Jamrud -1- Fvck Off.mp3
Jamrud - Maaf {1997}.mp3
AYAM - JAMRUD (BEST OF THE BEST 2010).mp3
Jamrud - terima kasih.mp3
Jamrud - Untuk Ibu.mp3
Jamrud.Bandot Tua.mp3
Jamrud - Liar {1997}.mp3
Jamrud - Cinta Adalah (New Version).mp3
Jamrud - Lelaki biadab {2006}.mp3
Jamrud - Aku Benci {1997}.mp3
Jamrud Sepilissss.MP3
JAMRUD - Sosial sosial .mp3
JAMRUD masa bodoh.mp3
Jamrud - Le Boy.mp3
Jamrud - 17 Tahun {1995}.mp3
Jamrud - Aral {1997}.mp3
Jamrud - 05. Aku Vs. Jam Wekker.mp3
Jamrud - 05 Negeri Makmur.mp3
Jamrud.Etty Payah.mp3
08_Jamrud_-_Biarkan_Cinta_Tumb.mp3
Jamrud - Jaka Dara {1995}.mp3
Jamrud Asal British.mp3
Jamrud - Kabari Aku (New Version).MP3
Jamrud.Synthetic Syndrome.mp3
JAMRUD - Rasa cinta padamu.mp3
JAMRUD - Go Tu HeLL.mp3
Copy of Jamrud - Telat 3 Bulan.mp3
JAMRUD ~ TAK SEMPURNA.mp3
jamrud - ingin jadi koboi.mp3
Jamrud - Liar.mp3
Jamrud - Ingin Kawin {2002}.mp3
Jamrud - VIVA FAMERS.mp3
JAMRUD - Maaf.mp3
Jamrud - 09 Bay Watch.mp3
Jamrud - Aku Benci.mp3
Jamrud - 06 Stop! Sampai Disini.mp3
Jamrud - Aku vs Jam Bekker.mp3
Jamrud Tak Sempurna.mp3
Jamrud - New Performance 2009 - 07 - 1+2+3=Gila.mp3
JAMRUD - 04. T.V.mp3
Stop!Sampai disini - Jamrud.mp3

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PITU RIASE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger